Ayo ke Cemara 6 Galeri - Museum

Pameran Foto Tanpa Bhinneka Bukan Indonesia, Cemara 6 Galeri - Museum, 10-14 Sept 15

Bosan dengan tempat nongkrong di Jakarta yang hiruk pikuk? Ingin suasana yang lebih asri, tenang dan bercita rasa seni tinggi? Mari langkahkan kaki ke Cemara 6 Galeri - Museum, di Jalan HOS Cokroaminoto no 9-11, Menteng, Jakarta Pusat! Wohooooo .....!!!!

Cemara 6 Galeri - Museum dibuka oleh Ibu Toety Heraty tahun 1993. Konsep tempat ini sangat menarik. Selain ada Hall yang cukup luas untuk pameran foto, seminar, dan kegiatan eksibisi lainnya, Cemara 6 juga mempunyai kafe dengan harga yang terjangkau, guest house yang nyaman, auditorium serta tentu saja museum. Aku berkesempatan untuk menginap di Cemara 6 Galeri-Museum, bulan September lalu karena kantorku waktu itu, sedang mengadakan pameran foto Tanpa Bhinneka Bukan Indonesia. 

Lukisan Tumpah Darahku karya Basuki Abdullah

Di sela-sela pameran, aku diajak berkeliling Museum. Cukup bayar 10 ribu, kita akan diantar untuk melihat semua koleksi lukisan yang ada di dalam Museum. Ada satu lukisan yang sangat fenomenal. Lukisan ini adalah lukisan terakhir yang dilukis oleh Basuki Abdullah yang diberi judul Tumpah Darahku. 

Kata Mas Angga, tour guide siang itu, lukisan ini dilukis oleh Basuki Abdullah sebulan sebelum beliau meninggal. Bagian yang berwarna hitam melambangkan kematian. Warna Pink adalah Basuki Abdullah, dan warna merah dan emas adalah darahnya. Basuki Abdullah sendiri meninggal dibunuh oleh pencuri yang mencuri jam tangan beliau. Lukisan ini diserahkan langsung oleh Basuki Abdullah ke Ibu Toety Heraty yang kemudian diletakkan di tengah-tengah auditorium lantai 2. 

"Pernah ada yang nawar 12 Miliyar, tapi ditolak oleh Ibu Toety" ~ Kata Mas Angga. 

Lingkungan sekitar Cemara 6 Galeri - Museum juga sangat-sangat nyaman. Tinggal melangkah sedikit, kita sudah sampai di Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Jaksa. Untuk transportasi, Stasiun Gondangdia tak sampai 10 menit jalan kaki. Jadi buat kamu yang lagi bingung mau bikin acara eksibisi di mana, atau mau mencoba sensasi menginap di museum, sila langsung survei di mari yak! 

Kontak Cemara 6 Galeri - Museum, Jl HOS Cokroaminoto 9-11, Menteng, Jakpus. Telepon: 0213911823, email di galericemara6@yahoo.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pembelaan Untuk Dian Sastro

Berkenalan Dengan Nyonya Auw Tjoei Lan, Sang Kartini Tionghoa

#Digital4Humanity: Mengkomunikasikan Isu Kemanusiaan Melalui Media Sosial