Lele Goreng Sambal Dabu-Dabu



Lele Goreng Sambal Dabu-Dabu

Hai2 semua teman-teman. . .

Apa kabar nih teman-teman..? Lama tak bersua, kali ini aku akan posting satu buah resep masakan andalan aku dan semoga bisa menjadi refrensi teman-teman sekalian.
Hope you like it !!

Nama masakanku ini aku beri nama “Lele Goreng Sambal Dabu-Dabu”. Hmm. . Mungkin teman-teman sekalian sudah bisa membayangkan bentuk dan rasa masakan ini. Konsep utama masakan ini adalah mengkombinasikan gurih dan garingnya lele goreng dengan sensasi pedas segar khas sambal dabu-dabu. Cara masaknya gampang, bahan-bahannya juga gampang ditemui dan yang paling penting harganya murah, maklum namanya juga mahasiswa ngekost, jadi mesti irit soal makan, hehee. . .

Bahan-Bahan yang diperlukan
Bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah :

- Lele segar

- Tepung (boleh tepung terigu boleh juga tepung bumbu serbaguna)

- Telor 1 buah

- Tomat 2 buah

- Bawang merah

- Cabai rawit

- Jeruk nipis

- Minyak goreng


Cukup sederhana kan bahan-bahannya..? Cara membuatnya juga tidak rumit. Lele segar yang sudah dibeli segera dibersihkan, dan diberi sedikit perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Diamkan sejenak. Kemudian kocok lepas telur berserta tepung, beri air sedikit agar tidak terlalu kental. Tiriskan sejenak.

Langkah berikutnya adalah membuat sambel dabu-dabu. Bagi teman-teman pencinta kuliner pedas tentu sudah tidak asing dengan sambal khas dari Manado ini. Sensasi pedas dan segar membuat pecinta kuliner pedas pasti langsung jatuh cinta.

Cara membuatnya sangat gampang. Potong kecil-kecil cabe rawit, bawang merah dan tomat. Kemudian satukan dalam satu wadah, beri air perasan jeruk nipis. Untuk teman-teman yang kurang suka pedas, boleh menambahkan gula untuk pemanis.

Potong kecil-kecil Cabai Rawit
Potong Bawang Merah
Potong kotak-kotak Tomat
Perasan Air Jeruk Nipis
Setelah sambel dabu-dabu selesai diracik, selanjutnya tinggal menggoreng lele. Panaskan minyak sampai benar-benar panas, kemudian tinggal menggoreng lele yang sebelumnya sudah dibalurin dengan adonan tepung dan telur. Goreng sampai garing kemudian angkat.

goreng lele sampai matang
Hidangkan lele goreng tersebut di atas piring, kemudian beri sambel dabu-dabu dan sedikit hiasan untuk menambah selera. Santap dengan nasi panas, dijamin santap siang menjadi luar biasa. Cita rasa panas dan gurih dari lele goreng beradu dengan pedas segar sambal dabu-dabu menciptakan sensasi bukan maen di dalam mulut. Sedikit mengutip kata-kata sakti Om Bondan, “RASANYA MAKNYUSSSS !!!!”

Resep ini beberapa kali sudah aku buat untuk teman-teman yang main ke kost aku, dan semuanya sepakat lele goreng sambal dabu-dabu ini lazisss. . .

Lele Goreng Sambal Dabu-Dabu siap disajikan
Gimana teman-teman, pasti penasaran kan..? Langsung aja ke pasar trus bikin deh. . Oh ya, biar tidak ketinggalan soal menu-menu makanan, teman-teman harus download aplikasi masak apa, bisa dari Blackberry, Iphone, Ipad dan juga Andorid. Applikasi masak apa selalu menyajikan resep-resep baru setiap hari yang dapat dijadikan inspirasi memasak untuk teman-teman dan keluarga.

Canggihkan teman-teman ? Langsung aja deh download trus teman-teman bisa langsung masak-masak enak dan menyenangkan, tapi jangan lupa kalo uda selesai masak, undang-undang ke rumah yaaa. . .

Aku dan App Masak Apa
Applikasi Masak Apa
Dan satu lagi nih teman-teman, abis masak jangan lupa dishare di blog, biar teman-teman yang lainnya bisa masak-masak enak juga. Oh ya, teman-teman juga bisa sekalian ikut lomba #BLOGGERJAGOANMASAK lohh, sama seperti tulisan ini. Tulisan ini dibuat untuk kontes Blogger Jagoan Masak. Doain aku yaa semoga menang. .

 
Biar makin gampang bikin Lele Goreng Sambel Dabu-Dabu, ini aku kasih videonya yaa. .  Cekidott !!!


video



Akhir kata, Happy Cooking Guyss !!!!

Proses di Balik Layar
Tambahan : Terima kasih yang sangat-sangat banyak buat teman-temanku yang sudah membantu proses pengambilan gambar dan video Lele Goreng Sambal Dabu-Dabu ini. Terima kasih banyak yaa @Riza_AlFirdaus @AgungNugraha13 @nirmayuanita @fviesugita . Thank you so much guys. . 

Komentar

  1. enak banget tuh lele gorengnya

    BalasHapus
  2. kurang suka lele. ada gitu ya lomba blog tentang masak.
    Semoga menang ya :)

    BalasHapus
  3. wah, sensasih banget tuh. masakan lele sekarang lagi hits, tau aje nih yang lagi ngeboom di pasaran. sukses maskiboro

    BalasHapus
  4. ya ampun ternyata syutingnya di kampus. niat bener sumpah :))))

    BalasHapus
  5. BUKAN MAIN!!! Cadas epooo.... Lanjutkan po... Sukses terus yah... ^^

    BalasHapus
  6. lele sambal dabu-dabu.. kayaknya kalo dilihat dr foto dan ditonton videonya, harusnya sih maknyusss!!! tapi kasian juga sih lelenya, lagi berenang tiba-tiba diangkat dan digoreng, lalu badannya diolesin sambal dabu-dabu.. kasian pasti kepanasan dia hahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pembelaan Untuk Dian Sastro

Berkenalan Dengan Nyonya Auw Tjoei Lan, Sang Kartini Tionghoa

Apakah PR Harus Cakep?