Ada Apa Dengan Kampanye UN4U ?


Suasana Kuliah Umum UN4U
Kampanye UN4U merupakan suatu bentuk kampanye untuk mendekatkan United Nation (UN) atau Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dengan para pemuda. Kampanye ini diluncurkan sejak 2008, dan diselenggarakan rutin sebagai bagian dari perayaan UN day, hari lahirnya PBB, 24 oktober.

Pada tahun keempatnya ini, kampanye UN4U membawakan serangkaian kuliah-kuliah umum di berbagai intitusi perguruan tinggi, dan Rabu kemarin (26/10) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara menjadi tuan rumah kampanye ini. UNHCR (United Nation High Commissioner for Refugees) sebagai bagian dari UN dipilih menjadi pemateri pada kuliah umum tersebut.

Kuliah umum ini berisi keberhasilan UNHCR dalam menangani pengungsian. Hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum tersebut adalah Mitra Salima Suryono dan Elsa Ayu Fitri, External Relations Officer.

Sepertinya tak ada yang salah soal kampanye ini. Namun, bicara soal eksistensi, pasti ada yang salah ketika organisasi terbesar dunia ini berusaha mengingkatkan eksistensi mereka. Idealnya, sebagai organisasi raksasa, PBB tidak perlu datang ke kampus-kampus untuk berkampanye.

Sepertinya para pemuda khususnya mahasiswa bukannya tidak tahu tentang PBB, tapi tidak mau tahu lagi soal PBB. Toh dengan adanya PBB, invasi ke negara lain masih terjadi. Invasi Amerika Serikat ke Irak, dan Lybia misalnya. PBB hanya boneka, PBB hanya alat pelegalan negara-negara besar untuk bertahta atas negara-negara dunia ketiga.

Eksistensi akan datang dengan sendirinya bila ada hasil kerja nyata dari PBB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pembelaan Untuk Dian Sastro

Berkenalan Dengan Nyonya Auw Tjoei Lan, Sang Kartini Tionghoa

Apakah PR Harus Cakep?