Menanti "si cantik jembatan grogol"


Ya..Ya..Ya..


Mungkin Anda semua heran dan bertanya-tanya dalam hati mengapa judul tulisan ini "Menanti si cantik jembatan grogol", bukankah yang lazim itu si manis jembatan ancol..?


Iya, Anda benar, Memang yang lazim diceritakan mulai dari warung kopi hingga Istana itu si manis jembatan ancol, bahkan sebuah stasiun TV swasta pun pernah menayangkan sebuah film tentang si manis yang diperankan oleh si seksi Diah Permata Sari. Namun, bukan tema itu yang ingin saya angkat dalam tulisan saya kali ini.


Dalam tulisan kali ini, saya ingin menggambarkan bagaimana keadaan jembatan penyeberangan orang di daerah grogol yang sungguh memprihatinkan.

Ide tulisan ini bermula ketika saya ingin berbelanja di Mall Ciputra. Saya harus menyeberang jalan menggunakan jembatan ini karena saya ngekost di belakang kampus Untar 1. Saya sangat terkejut melihat keadaan jembatan ini.

Secara hakiki, Jembatan penyeberangan orang atau yang disingkat JPO merupakan fasilitas pejalan kaki untuk menyeberang jalan yang ramai dan lebar.

JPO ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.
Namun, bila melihat keadaan JPO Grogol, hati saya sungguh tak bisa berkata apa-apa.

Di sisi timur jembatan ini, tali penghubung antara tangga dengan jembatan sudah putus, atap-atap jembatan ini juga sudah jebol sana-sini. Bahkan, terjadi banyak retakan di sepanjang jembatan ini.
Jembatan yang menghubungkan kampus 1 dan 2 Universitas Tarumanagara ini setiap harinya di lewati oleh ribuan bahkan puluh ribuan orang baik yang di atas maupun di bawah jembatan ini.

Dengan kondisi seperti ini, bukan hal yang mustahil apabila suatu saat nanti ada timbul korban jiwa, dan bukan hal yang mustahil pula korban tersebut menjadi penunggu jembatan grogol seperti kisah si manis jembatan ancol.


Secara pribadi, saya tidak berharap sedikit pun kejadian itu terjadi.
Saya berharap, pihah-pihak yang berkewenangan atas jembatan ini segera memperbaiki jembatan ini sehingga tidak ada korban jiwa.
Bila jembatan ini tak segera ditangani, mungkin kita semua tinggal menunggu hari menanti si cantik jembatan grogol..!

Akhir kata, Maju terus Indonesia-ku







Jakarta, 08 januari 2010
Elwi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eddie Lembong, Penggagas Penyerbukan Silang Budaya Meninggal Dunia

Sejarah Pedasnya Cabai di Indonesia

Begini Rasanya Bekerja di Komnas Perempuan