Ayo Mulai Kampanye Dengan Campaign.com!


Para ChangeMakers! doc: Campaign.com

Pernah enggak sih kamu berada dalam posisi, di mana kamu merasa resah, marah dan ingin mengubah sesuatu yang menurut kamu itu tidak benar, tapi kamu enggak tahu harus mulai dari mana? Misalnya, kamu merasa jengah melihat orang-orang di sekitar kamu kencing sembarangan, atau kamu merasa marah melihat banyak anak-anak kecil yang tidak bersekolah, atau kamu merasa frustasi melihat banyaknya kasus pelecehan seksual di jalanan, tapi kamu bingung, kamu enggak tau mesti mulai dari mana untuk mengubah ini, kamu bingung siapa yang bisa kamu ajak buat kolaborasi, kamu bingung uangnya dari mana. Aku pikir sebagian besar dari kita pasti pernah berada dalam posisi itu, kan? 

Sekarang enggak perlu bingung lagi, karena sekarang ada aplikasi yang akan membantu kita semua untuk memulai kampanye sosial yang sedang kita rancang. Selasa kemarin, Campaign.com, sebuah social tech-enterprise asal Indonesia, meluncurkan sebuah aplikasi baru berbasis mobile. Aplikasi mobile Campaign.com ini menawarkan fitur-fitur yang bisa membantu para agen perubahan seperti kamu untuk membangun komunitas, dan mengorganisir kampanye dengan lebih mudah. Aplikasi Campaign.com juga bertujuan untuk membawa semua agen perubahan ke dalam satu komunitas #ForChange, sehingga para agen perubahan tidak hanya memiliki wadah bagi kampanye mereka, tetapi juga bisa berkolaborasi satu sama lain, untuk memperkuat dan memperluas dampak kampanye. Aplikasi ini dihasilkan melalui penelitian dan pengembangan dengan melibatkan para komunitas dan penggerak perubahan selama dua tahun. 

"Dengan melibatkan para agen perubahan, meningkatkan suara dan aksi mereka, kami ingin membantu mereka membangun dunia dengan kata kunci 'orang baik bisa membangun sebuah kehidupan yang lebih baik dengan melakukan hal-hal baik' untuk komunitas mereka" ujar CEO Campaign.com, William S. Gondokusumo dalam peluncuran aplikasi Campaign.com

Aku yang datang ke acara itu bersama teman-teman Komnas Perempuan, dapat merasakan adanya energi positif yang terpencar dari individu-individu para penggerak perubahan. Bagiku, #ForChange adalah saat kita semua bisa lakuin sesuatu, sekecil apa pun itu, untuk membangun peradaban yang lebih baik. 

Di malam itu, selain peluncuran aplikasi Campaign.com, diumumkan pula para pemenang Campaign of The Year 2017. Salah satu kampanye yang masuk nominasi adalah kampanye #GerakBersama, sebuah kampanye yang digagas dengan tujuan mengajak semua orang untuk mendengar dan mendukung korban, bergerak bersama untuk RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Kampanye #GerakBersama diorganisir oleh Joint Task Force, yang terdiri dari anak-anak muda kreatif yang penuh dengan ide-ide segar dalam mengkampanyekan penghapusan kekerasan terhadap perempuan, khususnya kekerasan seksual.

Selain #GerakBersama, nominasi lainnya untuk Campaign of The Year 2017 kategori organisasi adalah kampanye #DoubleTigers, #MulaiBicara, #10JamAksiBaik, dan #UntukPapua. Sementara itu, untuk kategori individu adalah #AyoMembaca, #SaveOurFood, #ISmile4You, #SehatJiwa dan #PerempuanMenulis

Setelah melalui proses penilaian dan voting dari masyarakat luas, penghargaan Campaign of The Year 2017 kategori individu diberikan kepada Intan Siagian atas semangatnya dalam kampanye #AyoMembaca, sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca sejak dini. Penghargaan Campaign of The Year 2017 kategori organisasi diberikan kepada WWF-Indonesia dalam kampanye #DoubleTigers, sebuah kampanye untuk melipatgandakan populasi Harimau Sumatera.

Selain dua penghargaan tersebut, masih ada satu lagi penghargaan khusus, yaitu Changemaker of The Year 2017 yang diberikan kepada Magdalena Sitorus, yang saat ini menjabat sebagai komisioner Komnas Perempuan. Penghargaan ini diberikan karena semangat positif Magdalena Sitorus dalam memperjuangkan hak-hak minoritas dan selalu bersemangat untuk mempelajari teknologi yang terus berkembang. Magdalena Sitorus juga senantiasa menyemangati setiap perempuan untuk terus berkarya melalui tulisan. 

So, buat kamu semua yang memiliki keresahan, dan ingin mengubah itu, langsung saja bergabung dengan komunitas #ForChange, dan mulai kampanye!

Untuk ​download​ aplikasi Campaign.com, bisa klik link di bawah ini ya!

● Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=paratu.com.apps.campaign

● iOS: https://itunes.apple.com/au/app/campaign-forchange/id1153928765?mt=8


Nah, kamu punya pengalaman berkampanye atau baru mau mulai kampanye sosial, share di kolom komentar ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pembelaan Untuk Dian Sastro

Berkenalan Dengan Nyonya Auw Tjoei Lan, Sang Kartini Tionghoa

#Digital4Humanity: Mengkomunikasikan Isu Kemanusiaan Melalui Media Sosial