[KontraS] TKI Tunggu Hukuman Mati, Presiden Asyik Dagelan Tukar Menteri


suasana konpres KontraS
Idealnya, presiden yang baik adalah presiden yang mampu melindungi setiap warga negaranya di mana pun, tak terkecuali di luar negeri. Namun, lucunya negeri ini, ketika ada salah satu warga negara yang tengah menunggu hukuman mati di Arab Saudi, presiden malah asik berdagelan politik berlabel resuffle menteri.

Adalah Tuti Tursilawati, TKI asal Cikeusik yang kini tinggal menghitung hari menjelang eksekusi hukuman mati bila presiden masih sibuk dengan dagelan politiknya. Tuti Tursilawati divonis hukuman mati karena membunuh majikan yang mencoba berbuat asusila terhadapnya.

Vonis hukuman mati ini sungguh mencoreng nama keadilan, dan untuk itu harus ditolak. Tuti adalah korban yang mencoba membela diri ketika hendak diperkosa majikannya, sungguh tak adil bila Tuti akhirnya harus menjalani hukuman ini, seperti yang disuarakan oleh KontraS (Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) dalam pernyataan sikap bersama di kantor Kontras 14 Oktober lalu.

“Ketika banyak TKI terancam hukuman mati, presiden malah asik dengan dagelan politiknya. Satgas TKI yang dibentuk pun seolah hanya formalitas. Bagaimana mungkin Satgas bisa tegas apabila diisi oleh orang-orang yang justru mendukung pemberian gelar Honoris Causa bagi Raja Arab..?”


Nasi telah menjadi bubur, vonis telah dijatuhkan. Namun, bukan berarti tak ada yang bisa dilakukan, bukankah bubur juga bisa dibuat enak..? Sudah saatnya presiden turun tangan langsung membebaskan Tuti Tursilawati dan TKI lainnya yang saat ini terancam hukuman mati. Tidak semata karena  Tuti Tursilawati merupakan warga negara yang harus dilindungi, tetapi juga karena keadilan dan kemanusiaan merupakan landasan negara ini berdiri. (Elwi)

Komentar

  1. Presiden kan menukar menteri itu untuk kebaikan Rakyat Indonesia juga.. jdi kita juga ga bisa terlalu memojokan Presiden, walaupun sebenarnya yang abang katakan memang benar *saya sok tau, pdhl ga ngerti apa-apa*

    BalasHapus
  2. banyak TKI yang bermasalah dr dulu ampe skrg, cuman sayangnye dr dulu punya presiden gak ada yg begitu care! ngok!

    BalasHapus
  3. di dunia ini yg maha adil cuma Tuhan. pray for tuti.. semoga dia bisa tenang di sana.. (eh udah dihukum beloman ya?)

    BalasHapus
  4. belum, tapi bentar lagi, habis Idul Adha rencanannya mau dieksekusi kalo presiden tidak berbuat apa2. .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pembelaan Untuk Dian Sastro

Berkenalan Dengan Nyonya Auw Tjoei Lan, Sang Kartini Tionghoa

Apakah PR Harus Cakep?