Melihat Film The Raid dengan Teori Boneka Bandura

Sumber : http://www.21cineplex.com/the-raid-movie,2768,02RAID.htm

Albert Bandura, seorang psikolog kenamaan asal Kanada, dalam teorinya tentang modelling pernah melakukan eksperimen tentang peniruan yang dilakukan oleh anak-anak. Anak-anak terbentuk dari apa yang ia alami. Eksperimen ini dilakukan dengan membagi anak-anak ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi sebuah tayangan orang-orang dewasa memukul-mukul sebuah boneka. Kelompok kedua diberi tayangan orang-orang dewasa bermesraan dengan boneka tersebut. Hasilnya anak-anak kelompok pertama berperilaku lebih agresif dibanding anak-anak kelompok kedua.

Tentu masih ingat di benak kita, tentang tayangan Smack Down di televisi. Walau disiarkan menjelang tengah malam, banyak anak-anak yang menonton tayangan tersebut. Hasilnya jatuh banyak korban anak-anak yang disebabkan oleh perilaku agresif meniru tayangan Smack Down temannya.

Baru saja, saya dan teman-teman menonton Film The Raid di XXI Citraland, sebuah film yang digadang-gadang sebagai film aksi terbaik yang pernah dibuat oleh bangsa ini. Kami dibuat terpukau oleh aksi-aksi silat dan tembak-tembakan, tapi ada yang membuat kami lebih terpukau. Ketika film ini selesai diputar, lampu-lampu kembali menyala, Kami begitu terkejut melihat begitu banyak anak-anak yang juga turut berada di studio tersebut. Aksi-aksi pertarungan yang fantastis memang seru untuk ditonton, tetapi tidak bagi mereka yang masih anak-anak. Adegan penuh kekerasan dan darah bila dilihat dari teori boneka bandura di atas tentunya akan menimbulkan perilaku yang agresif bagi anak-anak yang menonton.

Sebuah kritik bagi pengelola gedung bioskop, apa jadinya bila seorang anak-anak sedari kecil sudah diberi tontonan seperti ini..?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eddie Lembong, Penggagas Penyerbukan Silang Budaya Meninggal Dunia

Sejarah Pedasnya Cabai di Indonesia

Begini Rasanya Bekerja di Komnas Perempuan